Review Xiaomi Redmi 3S, Apa Aja sih Keunggulan dan Kelemahannya?

Halo guys, kembali lagi bersama kami, BroKomp, yg doyan banget bahas apapun seputar gadget. Hari ini yg nulis artikel adalah Asad, so, yuk cekibrot!

Xiaomi Redmi 3S memang bukan hape baru. Xiaomi Redmi 3S ini udah launching sejak Juni 2016 dan baru nongol di indo sekitas Agustus 2016. Tapi yang nongol itu masih pake garansi distributor, belom resmi. Xiaomi Redmi 3S baru dijual resmi di indo baru sekitar Februari 2017. Lho kok lama banget resminya?

Jadi gini guys. Jadi agar smartphone itu bisa dijual resmi di indonesia mereka harus memenuhi aturan TKDN yang dibuat oleh pemerintah. Buat yag belom tau, TKDN itu adalah Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Nah biasanya hape murah dengan spek tinggi itu dibuat secara terpusat, seperti Xiaomi Redmi 3S ini, yang dibuatnya di Cina sana. Padahal salah satu syarat agar memenuhi TKDN adalah dibuat di Indonesia. Jadi, agak sulit bagi Xiaomi untuk memenuhi syarat tersebut. Tapi alhamdulillahnya, pada Februari 2017 Xiaomi Redmi 3S resmi beredar di Indonesia. Horeeee...

Gw beli Redmi 3S ini sekitar bulan Mei 2017, jadi ya masih anget lah, hehehe. Gw beli ini ga lama sebelum Xiaomi Redmi 4 keluar (sebenernya Xiaomi Redmi 4X, kalo mau liat hands on nya, bisa diliat di sini). Kok gak nunggu itu aja? Udah nongol di pasaran sih, Cuma masih garansi distributor guys, belom resmi. Jadi ya gak beli. Lagian Redmi 3S ini menurut gw speknya masih mirip-mirip lah. Performa kemungkinan besar ga beda jauh. Yaudah beli aja ini. Waktu itu dapet sekitar Rp1.850.000,00 di Erafone, versi 3GB RAM + 32GB ROM. Yoi gak tuh?
Ah sori nih kepanjangan basa-basinya. Oke saatnya review. Cekibrot guys...

Desain Redmi 3S, Iphone Wanna Be...


Gw dapet nih 3S yang warnanya gold. kalo diliat dari belakang desainnya iphone wanna be gitu. Untung bagian depannya engga. Garis desain iphone ditambah warnanya yg gold, selalu mengingatkan gw sama cewek yg beli iphone 6 warna gold yang cuma dipake buat updet status sosial media sama selfi-selfi. Ewwwhh. Enggak banget.

Dengan bentang layar 5 inch, cukup pas lah buat kalian kalian yg ga biasa sama hape segede gaban yg banyak di pasaran yang punya layar 5,5 sampe 6 inch. Ketebalannya tipis, hanya 8,5mm. Beratnya pun cukup ringan, 144 gram. Ada aksen krom yg mengkilap di sekeliling layar yang menambah kesan elegan. Tapi yang bikin sebel adalah lapisan metal yang melapisi bodi belakang Redmi 3S. Iya sih udah ga pake plastik lagi, cuma ada beberapa kendala yang gw alami. Yang pertama adalah licin guys. Hape suka melayang jatoh gitu kalo megangnya ga rapet. Trus panasnya itu sob, kalo abis digeber main beberapa lama, bodi langsung anget-panas. Maka dari itu, casing keren yang super norak sangat dianjurkan :v.


Case Keren & Norak
Tampak Depan Dengan Case Norak

Di bagian belakang Redmi 3S ada kamera yang bercokol di pojok kiri atas lengkap dengan LED flashnya. Agak ketengah ada fingerprint. Di bagian samping kanan ada tombol power dan tombol volume, tata letak yang lumrah dikalangan smartphone. Di bagian depan di bawah layar ada tombol kapasitif berupa tombol back, home dan setting. Dibawah tombol home ada LED notifikansi, yang akan nyala dengan warna tertentu, tergantung notifikasi apa yang masuk ke hape ini. Sayangnya tombol kapasitif ini ga nyala, jadi kalo gelap-gelapan ga keliatan. Di atas layar ada kamera depan. Nengok ke bagian atas hape ada slot audio jack 3.5mm berdampingan sensor infrared. Wow.

Tampak Depan

Tampak Belakang (Kamera + LED Flash + Fingerprint)
Tampak Samping Kanan (Volume Up/Down + Power)
Tampak Samping Kiri (Kosong)
Tampak Atas (Jack 3,5mm + Sensor Infrared)
Tampak Bawah (Slot Micro USB)

Oh iya gw mau bahas dikit salah satu fitur keren yang jarang-jarang ada di hape dibawah 2 juta, yaitu fingerprint. Performanya pun cepat, pake banget. Rasio keberhasilannya pun 100%, tergantung kondisi jari kalian. kalo jari kalian basah, atau berminyak, atau ada bekas upilnya, ya jelas ga akan bisa. Hehehe. gimana, kurang keren apa coba ini Xiaomi Redmi 3S?

And then, ada lagi yang keren, yaitu sensor infrared. Sensor ini memungkinkan kalian untuk mengkonek Xiaomi Redmi 3S ke device lain yang juga menggunakan infared, seperti TV. Yak, kalian bisa menjadikan Xiaomi Redmi 3S kalian selayaknya remote TV! Keren ga tuh? ga cuma TV doang, AC juga bisa. Pengaturannya bisa kalian lakukan dengan mengakses fitur Mi Remote di home screen.

Layar, Biasa Aja


Oke kuy kita bahas layar. Seperti yang udah gw sebutin diatas, layar hape ini ga begitu spesial, Xiaomi Redmi 3S ini punya layar 5 inch. Cukup puas buat dipake maen game sama nonton film. Resolusi layar 5 inch-nya HD 1280x720, belom Full HD. Tapi masih oke lah, gambar masih cukup detil dan tajam. Dipake dibawah teriknya sinar matahari masih kebaca. Pake panel IPS, bikin tingkat keterlihatan di sudut-sudut yang tajam bisa menutupi sedikit kelemahannya di resolusi layar.

Spesifikasi Redmi 3S, Sangar Cuy


Nah pasti bahasan ini yang jadi poin utama kenapa kalian akan beli Xiaomi Redmi 3S. Dipakein prosesor Qualcomm MSM8397 Snapdragon 430 octacore 1,4 Ghz Cortex-A53 ditambah GPU Adreno 505 ngasih skor 39-40 ribuan di Antutu Benchmark. Skor ini terbilang tinggi diantara hape-hape dibawah 2 juta lainnya. Dipake main game, libas guys. Semua game bisa dimainkan dengan lancar. Di beberapa game ada sih, kadang rada ngelag gitu, tapi masih sangat playable kok. kelengkapan sensornya juga memadai. bahkan sensor giroskop lho. kalo ada sensor ini, kalian jelas bisa maen VR. Wuh, hape dibawah 2 juta mana lagi yang bisa kek gini?!



Skor Antutu Xiaomi Redmi 3S
Kelengkapan Sensor Xiaomi Redmi 3S
Jumlah Sentuhan Maksimal Xiaomi Redmi 3S

Trus kerennya lagi, RAM-nya udah 3GB, bikin multitasking, pindah-pindah antar aplikasi ga ngelag. Ga cuma itu, memori internalnya pun guedhe, 32GB. Dengan free 29GB-an, install aplikasi, koleksi foto, video dan musik kamu masih bisa masuk. Oh iya, kalo kurang, agan bisa manfaatin slot micro sd yang support  sampe 256GB. Gimana, kece gak nih hape?

Multimedia


Urusan multimedia, yuk kita liat. Hape ini punya kamera 13MP di bagian belakang dan 5MP di bagian depan. Untuk kamera belakang hasilnya cukup oke. Detailnya tajam, saturasi warna mendekati alami. Untuk kamera depan, hmmm, gimana ya? Bagi yang doyan selfie, pastikan selfie di tempat yang cahayanya terang, karena kalo di tempat low light, kalian sering-sering nyalain HDR aja deh. Kurang.
Pake kamera belakang, HDR nyala

Sama kayak diatas

Ini pas agak low light, HDR mati

Ini mah gausah ditanya lah ya...

Ini foto pake kamera depan dengan kondisi agak low light, btw coba tebak gw yg mana hayoooo?


Untuk urusan perekaman video, kamera belakang dan depan sanggup ngerekam video reso 1080p 30fps. Hape kurang dari 2 juta manalagi coba yang bisa kayak gini?

Buat muter video, sanggup maenin video sampe 1080p dengan lancar. Diatas itu, pake pemutar video pihak ketiga ya guys. itu pun ga menjamin lancar 100%.

Buat muter lagu, hape ini bisa memainkan banyak fomat lagu yang umum. suara yang dihasilkan speaker ini lumayan keras (biasalah hape china). Namun sampe volume tertentu (hampir maksimal) suaranya mulai agak pecah. oh iya, di paket penjualannya, Xiaomi Redmi 3S ini tidak menyertakan earphone. Hal yang lumrah dikalangan hape-hape harga murah, apalagi Xiaomi. Semua hape besutannya ga dikasih earphone di paket penjualannya.

Hape dengan Baterai yang Berkapasitas Besar


Kalian pasti ga akan nyangka, di bodi Redmi 3S yang tipis ini, tersimpan baterai yang kapasitasnya besar. Baterainya berkapasitas 4100 mAh!! Wow! haga kurang dari 2 juta, bodi tipis, baterai berkapasitas besar, kurang apa coba ini Redmi 3S?

untuk performa baterai Xiaomi Redmi 3S ini bisa terbilang sangat memuaskan. Dalam kondisi penuh, Redmi 3S ini bisa bertahan sampe seharian. Well, good job Xiaomi.


Di 2017 ini, Xiaomi Redmi 3S ini masih memakai sistem operasi Marshmellow 6.0.1, dimana android nougat 7.0 udah mau keluar. Dibalut dengan antarmuka khas Xiaomi, yaitu MIUI, user interfacenya simpel dan bersih berkat ditiadakannya app draw, jadi semua aplikasi nongol di home. MIUI yang digunakan adalah MIUI versi 8.1.4.0. Seperti yang kita ketahui, MIUI menawarkan banyak fitur di dalamnya.

Sistem Operasi & Versi Android


Informasi Sistem Xiaomi Redmi 3S

Pembersih Memori

Memory Cleaner Bawaan Xiaomi Redmi 3S

Scanner Virus

Antivirus Bawaan Xiaomi Redmi 3S

Fitur Keamanan

Sistem Keamanan Bawaan Xiaomi Redmi 3S

Manajemen Baterai

Fitur Manajemen Baterai Bawaan XIaomi Redmi 3S

Kesimpulan Review Xiaomi Redmi 3S : Hape Paling Value Deal 


Keimpulannya? Masih penasaran sama kesimpulannya setelah gw bikinin ini review? oke, ini kesimpulannya setelah gw pake selama beberapa lama.

Hape ini KEREN.

Iya, itu aja. Hehehe.

Gini-gini. Setidaknya dari apa-apa yang gw bahas, gw akan ngasih keunggulan dan keemahan yang ada di Xiaomi Redmi 3S.

Keunggulan Xiaomi Redmi 3S

1. Baterai awet (iyalah 4100 mAh)
2. Spek tinggi
3. Fingerprint
4. Kamera

Kelemahan Xiaomi Redmi 3S

1. Bodinya licin
2. Layarnya ga begitu spesial

Penutup


Oke segitu aja review dari gw, Asad. Gimana menurut kaian tentang hape murmer ini? Komen dibawah ya. Jangan lupa share ke temen kalian yang mau beli hape ini. Siapa tau bisa dijadiin referensi buat beli hape ini. Mudah-mudahan kalia-kalian juga yang membaca review ini bisa menentukan hape apa yang akan kalian beli. Bye guys, see ya at the next review!

Komentar

  1. cakep gan reviewnya, kapan mau review q8400?

    BalasHapus
  2. 3.85 ghz 580 cinebench8 Oktober 2020 pukul 19.35

    Assalamualaikum wr. wb.

    Perkenalkan nama saya Geraldy Yusuf Pralampita, saya adalah seorang mahasiswa tingkat akhir di jurusan Informatika di Universitas Islam Indonesia. Dalam rangka memperoleh gelar Sarjana saya sedang melakukan penelitian mengenai kesadaran pentingnya memperbarui aplikasi smartphone secara berkala. Penelitian ini merupakan satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Komputer di Universitas Islam Indonesia.

    Saya meminta kesediaan Saudara/Saudari untuk mengisi survei melalui link dibawah ini
    https://forms.gle/zvK57bq4HyKm4ND86
    atau
    https://s.id/BantuGeraldyLulus

    10 responden terpilih berkesempatan untuk mendapatkan hadiah pulsa/uang digital sebesar Rp. 50.000 masing-masing
    Atas kesediaan Saudara/Saudari untuk mengisi survei ini saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brokomp dong mantap anzai

      Hapus

Posting Komentar

Jangan sungkan komen di sini Bro!

Postingan populer dari blog ini

Kupas OpenTTD di Brokomp, Game Tycoon yang Bisa Dimainkan Multiplayer, Bahkan Secara Online!!

Debut Brokomp